Thursday, June 9, 2016

Bagaimana cara menulis abstract dan keywords penelitian


Layaknya sebuah buku, Abstrak adalah sinopsis yang menceritakan secara garis besar laporan atau suatu tulisan. Meskipun letaknya di awal tulisan, abstrak ini selalu ditulis terakhir ketika menuliskan suatu laporan atau jurnal, jadi semacam rinkasan dari seluruh isi tulisan. Nah, terus ada perbedaan Kesimpulan dan Abstrak? Kesimpulan adalah ringkasan hasil yang diperoleh melalui metode penelitian yang disusun  untuk menjawab tujuan penelitian, sedangkan abstrak berisi ringkasan dari semua isi tulisan. Untuk lebih jelasnya isi dari abstrak itu adalah:

  1. Ringkasan background penelitian, atau alasan kenapa dilakukan penelitian ini atau alasan tulisan sebuah tulisan dibuat. Paling banyak tiga kalimat.
  2. Tujuan penelitian atau tujuan tulisan dibuat
  3. Ringkasan metode yang digunakan. paling bamyak tiga kalimat juga.
  4. Ringkasan hasil. Nah ringkasan hasil ini bisa dicomot dari kesimpulan yang biasa dibuat di BAB V. Kesimpulan dan Saran :)
  5. Statement kesimpulan secara umum dari penelitian ini atau bisa juga dituliskan rekomendasi dari penulis untuk pembaca berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian.
Jumlah kata pada abstrak biasanya berbeda-beda tergantung institusi atau lembaga atau penerbit yang akan menerbitkan tulisan kita. biasanya 300-500 kata, sangat singkat memang karena penulis dipaksa untuk memberikan gambaran mengenai tulisannya sesingkat-singkatnya dan tidak bertele-tele, karena abstrak selalu dibaca pertama oleh pembaca dalam mencari referensi sebelum membaca isi penelitiannya. 

Nah ada dua hal yang dapat dilakukan untuk meringkas abstrak lebih ringkas lagi yaitu: 

  1. Ringkasan background dapat dihilangkan dan langsung saja menuliskan tujuan penelitian, 
  2. Kemudian hasil penelitian dilbur saja dalam kesimpulan. dua hal ini yang dapat dilakukan untuk meringkas abstrak yang kita tulis. 
Setelah abstrak ada keywords atau kata kunci dari penelitian yang dilakukan, kata kunci ini bisa berisi objek atau metode tertentu penelitian kita, apa sja itu? bisa bahan baku, proses rekasi, atau hasil dari penelitian,

Selamat menulis.. 

Bagaimana cara menulis abstract dan keywords penelitian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: februadi

1 komentar:

  1. Thanks for the information, very informative and useful. Don't forget to visit the Walisongo State Islamic University website: walisongo.ac.id

    ReplyDelete